Jelajah Ilmu (Explore Knowledge)
Jelajah
ilmu adalah kegiatan di luar ruangan adalah metode di mana guru mengajak siswa
belajar di luar kelas untuk melihat peristiwa langsung di lapangan dengan
tujuan untuk mengakrabkan siswa dengan lingkungan. Jelajah Ilmu memanfaat kan
lingkungan sekitar sebagai sumber pembelajaran siswa. Hasil belajar siswa dapat
dilihat dari tiga ranah yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Ketiga ranah
ini diharapkan dapat muncul ketika dalam proses kegiatan sedang berlangsung.
Tujuan diadakannya kegiatan jelajah ilmu adalah membentuk suatu pembelajaran
yang menyenangkan, variatif, rekreatif, lebih konkret, dan siswa dapat menerima
pembelajaran dengan otak yang lebih rileks.
Budaya
sekolah “SUKSES” menjadi awal dicetuskan kegiatan ini. Pengaplikasian konsep
dasar materi yang diberikan dikelas dengan dibarengi observasi terhadap
lingkungan sekitar pada saat kegiatan berlangsung menjadi salah satu parameter
penilaian terhadap siswa.
Budaya
Sekolah “Beriman Kuat” memberikan pengertian dengan bagaimana siswa tetap dapat
melaksanakan kegiatan di pesantren seperti biasa meskipun berada di tempat yang
baru. Bagaimana siswa mengatur waktu dan mengorganisir diri sendiri untuk
melaksanakan setiap kegiatan ibadah baik yang wajib maupun kegiatan sunah yang
biasa dilakukan di pesantren.
Budaya
Sekolah “Berakhlak Baik” memberikan pengertian bagaimana siswa dapat
berperilaku santun dan ramah sesuai dengan adab, adat, dan istiadat yang
berlaku di lingkungan yang baru. Indonesia merupakan negara yang beragam maka,
budaya dari satu daerah ke daerah yang lain tentu berbeda.
Pelaksanaan
kegiatan Jelajah Ilmu dilakukan sebagai berikut :
1. Kegiatan
dilakukan 1 kali setiap satu tahun ajaran.
2. Kegiatan
dilaksanakan pada tempat yang menyediakan wisata alam dan juga wisata Edukasi.
3. Kegiatan
di awali dengan pembagian kelompok secara oleh siswa yang terdiri dari 5 – 6
orang per kelompok.
4. Kemudian
setiap kelompok diberikan tugas untuk membuat proposal kegiatan yang setiap
proposal harus membuat budaya sekolah yakni Sukses, Beriman Kuat, dan berakhlak
Baik.
5. Proposal
Kegiatan akan menjadi pedoman kegiatan yang dilakukan selama Jelajah Ilmu
berlangsung. Dalam kondisi ini maka, kegiatan yang dilakukan oleh setiap
kelompok akan berbeda – beda.
6. Hasil
akhir kegiatan adalah siswa mengumpulkan video sesuai dengan proposal yang
telah dibuat.
7. Selama
kegiatan berlangsung penilaian akan dilakukan oleh ustadzah pendamping masing –
masing.
8. Penilaian
kegiatan akan dimasukkan dalam bentuk nilai pada penilaian ekstrakulikuler.
0 comments:
Posting Komentar